WFH: Sensus Penduduk Online Solusi Alternatif Kontribusi Masyarakat ditengah Pandemik Covid-19 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Tahap I dapat diunduh disini. || Untuk mendapatkan data-data BPS, Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Grobogan dapat dikunjungi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB. || Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email bps3315@bps.go.id dengan subject Permintaan Data. || BPS Kabupaten Grobogan kini hadir dengan aplikasi mygrobogan. Sebuah aplikasi yang menyediakan data strategis dan sektoral Kabupaten Grobogan. Aplikasi ini diharapkan dapat lebih memudahkan pengguna data dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan akan data. Link: mygrobogan.co.id.

WFH: Sensus Penduduk Online Solusi Alternatif Kontribusi Masyarakat ditengah Pandemik Covid-19

WFH: Sensus Penduduk Online Solusi Alternatif Kontribusi Masyarakat ditengah Pandemik Covid-19

30 Maret 2020 | Kegiatan Statistik


Ditengah pandemi virus corona atau covid-19, pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Online (SP2020), pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 melalui website sensus.bps.go.id terus berjalan lancar. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar  Stay At Home dan Work From Home. 

Di tengah merebaknya wabah virus corona, keberadaan informasi dan data terkait jumlah korban menjadi perhatian masyarakat. Tanpa mengurangi rasa duka yang mendalam, masyarakat seperti berlomba menyampaikan update tentang jumlah pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP) ataupun korban meninggal baik lewat group Whatsapp atau status di media sosial tanpa sumber yang jelas. Sebegitu pentingkah data? Sebegitu pentingkah sumber data yang terpercaya?

Data perumahan, salah satu informasi yang diperoleh adalah terkait jumlah persentase daerah yang status kepemilikan rumah yang ditempati masyarakat, seperti rumah sendiri, kontrak/sewa, bebas sewa atau menumpang, rumah dinas atau lainnya. Informasi ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah di dalam membuat perencanaan pembangunan rumah murah. Hal yang sama juga bisa dimanfaatkan oleh pengusaha property untuk ikut dalam program penyediaan rumah murah yang dibutuhkan masyarakat.

Begitu banyak data dan informasi penting lainnya yang bisa diperoleh dalam SP2020, maka partisipasi aktif masyarakat sangatlah dibutuhkan. Apalagi sekarang, sensus dapat dilakukan melalui online, maka sambil melaksanakan work from home (WFH) masyarakat juga bisa melakukan sensus secara online melalui website https://sensus.bps.go.id. Cukup dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK), masyarakat sudah bisa login dan mengisi datanya sendiri dengan aman dan nyaman.

Menurut Margo Yuwono, Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, partisipasi masyarakat Indonesia dalam sensus penduduk online yang baru pertama kali dilaksanakan ini sangatlah bagus. Hingga Jumat (27/03) jumlah penduduk yang sudah berpartisipasi mencapai angka 27,6 juta penduduk atau sekitar 7,3 juta keluarga.

Capaian ini tentu salah satunya adalah berkat partisipasi aktif masyarakat yang dengan kesadaran penuh mencatatkan dirinya. Rasa nasionalisme seperti inilah yang sangat diharapkan, karena ke depan, jika data registrasi kependudukan semakin baik maka bisa jadi sensus penduduk tidak perlu lagi dilaksanakan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan (Statistics of Grobogan Regency)Jl. Jend. Sudirman No. 6 Purwodadi 58111 Telp/Fax : (0292) 421167 Mailbox : bps3315@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik