Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Grobogan Dalam Angka 2024 dan Pembinaan Statistik Sektoral - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Tahap I dapat diunduh disini. || Untuk mendapatkan data-data BPS, Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Grobogan dapat dikunjungi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB. || Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email bps3315@bps.go.id dengan subject Permintaan Data. || BPS Kabupaten Grobogan kini hadir dengan aplikasi mygrobogan. Sebuah aplikasi yang menyediakan data strategis dan sektoral Kabupaten Grobogan. Aplikasi ini diharapkan dapat lebih memudahkan pengguna data dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan akan data. Link: mygrobogan.co.id.

Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Grobogan Dalam Angka 2024 dan Pembinaan Statistik Sektoral

Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Grobogan Dalam Angka 2024 dan Pembinaan Statistik Sektoral

1 Februari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada hari Kamis, tanggal 1 Februari 2024 bertempat di Hotel Front One Purwodadi di Jl. Gajah Mada No. 89 Purrwodadi, BPS Kabupaten Grobogan menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Daerah Dalam Angka 2024 dan Pembinaan Statistik Sektoral. Kegiatan dihadiri oleh organik BPS, OPD, instansi vertikal di Kabupaten Grobogan, BUMN, BUMD dan lainnya.
Kepala BPS Kabupaten Grobogan Anang Sarwoto, S.Si, MM memberikan sambutan dalam rangkaian acara tersebut, beliau menyampaikan bahwa pentingnya data sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan. Membangun tanpa data ibarat berjalan tanpa tujuan. Kepala BPS juga menyampaikan sosialisasi tentang Indeks Pembangunan Statistik (IPS). Indeks Pembangunan Statistik (IPS) adalah suatu indeks untuk mengukur capaian Penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) dan Data Statistik Sektoral baik di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.
Penyusunan Daerah Dalam Angka merupakan salah satu upaya BPS dalam mewujudkan satu data, sebagaimana kewajiban BPS menyusun Daerah Dalam Angka dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna data. Kegiatan penyusunan DDA dilakukan dengan metode kompilasi data statistik untuk mengumpulkan data sektoral di Kabupaten Grobogan, dalam prosesnya penyusunan DDA ini mengikuti proses bisnis Generic Statistical Business Process Model (GSBPM) yang menjadi acuan seluruh kantor statistik di seluruh negara.
Pada inti kegiatan ini dilaksanakan diskusi dengan konsep roundtable dimana pada masing-masing meja terdapat 4-5 orang sumber data ditemani 1-2 orang fasilitator agar pembahasan mengenai penyusunan Daerah Dalam Angka dapat fokus pada tujuan sesuai nama kegiatan yang dilaksanakan yaitu Focus Group Discussion.
Selain itu terdapat pemaparan dari dua penyaji dari BPS Kabupaten Grobogan yaitu Kholid Ali Akbar, S.ST, M.SE Statistisi Ahli Muda yang menyampaikan tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) dan Aris Khariri, S.ST Pranata Komputer Ahli Muda yang menyampaikan tentang Satu Data Indonesia (SDI).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan (Statistics of Grobogan Regency)Jl. Jend. Sudirman No. 6 Purwodadi 58111 Telp/Fax : (0292) 421167 Mailbox : bps3315@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik