Sosialisasi dan Pembinaan Desa Cinta Statistik 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Tahap I dapat diunduh disini. || Untuk mendapatkan data-data BPS, Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Grobogan dapat dikunjungi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB. || Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email bps3315@bps.go.id dengan subject Permintaan Data. || BPS Kabupaten Grobogan kini hadir dengan aplikasi mygrobogan. Sebuah aplikasi yang menyediakan data strategis dan sektoral Kabupaten Grobogan. Aplikasi ini diharapkan dapat lebih memudahkan pengguna data dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan akan data. Link: mygrobogan.co.id.

Sosialisasi dan Pembinaan Desa Cinta Statistik 2023

Sosialisasi dan Pembinaan Desa Cinta Statistik 2023

13 Oktober 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Salah satu program yang dilaksanakan BPS di tahun 2023 adalah Pembinaan Desa Cantik. Yaitu Desa cinta statistik , Desa Cantik merupakan Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.
Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan berikutnya yaitu melakukan identifikasi pemanfaatan data Regsosek untuk kebutuhan guna merencanakan program pengentasan kemiskinan yang akurat dan berbasis bukti di desa/kelurahan, Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik, Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.
Bertempat di Balai Desa Putat Kecamatan Purwodadi, Jumat 13 Oktober 2023 dilaksanakan Sosialisasi sekaligus Pembinaan Desa Cantik di Desa Putat Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.
Kegiatan ini di hadiri kepala BPS Kabupaten Grobogan Anang Sarwoto, S.Si, M.M., Tim Pembina Desa BPS Kabupaten Grobogan, Sekretaris Kecamatan Purwodadi, Kepala Desa Putat, Sekretaris Desa dan para kader/agen-agen statistik desa.
Dalam sambutannya Kepala BPS menyampaikan bahwa perlu dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan program Desa Cantik ini. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. Kini saatnya desa bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona. Saat ini desa bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di desa, dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat.
Kepala Desa Putat Bapak Ustadzi dalam sambutannya berharap bahwa program desa cantik ini dapat berjalan lancar dan berkelanjutan yang nantinya tidak hanya untuk Desa Putat saja namun juga dapat diterapkan pada desa-desa lain di seluruh wilayah Kabupaten Grobogan, sehingga semua desa nantinya menjadi desa yang cinta dan sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan desanya.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan (Statistics of Grobogan Regency)Jl. Jend. Sudirman No. 6 Purwodadi 58111 Telp/Fax : (0292) 421167 Mailbox : bps3315@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik