Survei Ubinan, Ukuran Produktivitas Pertanian - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Tahap I dapat diunduh disini. || Untuk mendapatkan data-data BPS, Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Grobogan dapat dikunjungi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB. || Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email bps3315@bps.go.id dengan subject Permintaan Data. || BPS Kabupaten Grobogan kini hadir dengan aplikasi mygrobogan. Sebuah aplikasi yang menyediakan data strategis dan sektoral Kabupaten Grobogan. Aplikasi ini diharapkan dapat lebih memudahkan pengguna data dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan akan data. Link: mygrobogan.co.id.

Survei Ubinan, Ukuran Produktivitas Pertanian

Survei Ubinan, Ukuran Produktivitas Pertanian

30 Maret 2020 | Kegiatan Statistik


Lahan sawah seluas 1 hektar dapat menghasilkan gabah kering panen (GKP) sebesar 1 ton. Memperoleh nilai tersebut tidak harus menunggu lahan seluas 1 hektar selesai dipanen, dikeringkan kemudian ditimbang, akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pendekatan untuk memperoleh nilai produktivitas pertanian adalah dengan Survei Ubinan. Survei Ubinan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, termasuk BPS Kabupaten Grobogan dibawah tanggung jawab Seksi Statistik Produksi. Survei Ubinan dilaksanakan setiap subround (SR), SR1 dilaksanakan pada bulan Januari – April, SR2 pada bulan Mei – Agustus, dan SR3 pada bulan September – Desember. Survei ubinan mengambil sampel plot seluas 2,5 m x 2,5 m secara acak dengan metode statistik tertentu.

SR1 tahun 2020, BPS Kabupaten Grobogan mendapatkan target Blok Sensus (BS) sebanyak 44 BS, dan telah dimutakhirkan pada bulan Desember 2019. Kegiatan pemutakhiran ditujukan untuk mengupdate keberadaan rumah tangga di BS sampel terpilih dan untuk mencatat rumah tangga yang memenuhi syarat untuk tepilih sebagai sampel ubinan. Dikatakan memenuhi syarat (eligible), ketika rumah tangga mengusahakan komoditas pertanian  (padi sawah, padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, ubi kayu, dan ubi jalar) yang dicakup dalam survei ubinan; dan akan panen pada bulan Januari – April 2020.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimulai tahun 2019 survei ubinan untuk yang padi sawah dan padi lading menggunakan sampel yang didapatkan dari Survei Kerangka Sampel Area (KSA). Demikian juga pada awal januari 2020, petugas lapangan mendapatkan informasi ada rumah tangga petani yang akan melakukan panen tanaman padi. Petugas segera berkoordinasi dengan rumah tangga tersebut untuk melaksanakan ubinan pada lahan sawah yang dikuasai, sebelum petani memanen semua tanamannya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan (Statistics of Grobogan Regency)Jl. Jend. Sudirman No. 6 Purwodadi 58111 Telp/Fax : (0292) 421167 Mailbox : bps3315@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik