Survei Struktur Ongkos Usaha Tani (SOUT 2017-STU) Tanaman Pangan dan Peternakan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan

Publikasi Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Tahap I dapat diunduh disini. || Untuk mendapatkan data-data BPS, Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Grobogan dapat dikunjungi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB. || Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email bps3315@bps.go.id dengan subject Permintaan Data. || BPS Kabupaten Grobogan kini hadir dengan aplikasi mygrobogan. Sebuah aplikasi yang menyediakan data strategis dan sektoral Kabupaten Grobogan. Aplikasi ini diharapkan dapat lebih memudahkan pengguna data dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan akan data. Link: mygrobogan.co.id.

Survei Struktur Ongkos Usaha Tani (SOUT 2017-STU) Tanaman Pangan dan Peternakan

Survei Struktur Ongkos Usaha Tani (SOUT 2017-STU) Tanaman Pangan dan Peternakan

1 April 2017 | Kegiatan Statistik


Apa itu Survei SOUT?

Survei SOUT (Struktur Ongkos Usaha Tani) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menanyakan struktur ongkos beberapa usaha komoditas strategis dari sektor-sektor pertanian. Dari survei itu BPS akan mendapat profil rumah tanggga usaha subsektor, struktur usaha dari komoditas strategis, serta keadaan sosial ekonomi dari rumah tangga usaha subsektor. Di Kabupaten Grobogan, jumlah sampel Blok sensus yang terkena sampel SOUT sebanyak 193 Blok Sensus yang tersebar di 19 Kecamatan.

Mengapa Survei SOUT dilakukan?

Meskipun sudah rilis hasil ST2013, Survei SOUT harus dilakukan. Dalam pencacahan lengkap ST2013, biasanya kita tidak dapat mengajukan pertanyaan yang lebih rinci. Sementara di survei ini pertanyaannya lebih detail dibandingkan saat pendataan ST2013 seperti berapa banyak benih yang dipakai, berapa biayanya, berapa pupuk, berapa biaya produksi, berapa luas panennya, dan lain-lain.

Apa tantangan dalam melakukan Survei SOUT ini?

Survei SOUT cukup rumit sehingga isian jawaban harus dicermati. Jangan sampai data yang kita hasilkan tidak mencerminkan keadaan petani di lapangan. Selain itu tantangan juga datang dari responden. Apabila ada responden yang menolak menjadi sampel, maka akan kita buat berita acaranya.

Apa manfaat dari survei ini dan siapa saja pengguna datanya?

Data ini dapat digunakan untuk survei NTP yang dirilis tiap bulan dan PDB yang dirilis triwulanan dengan melihat struktur ongkos yang ada pada survei ini. Selain itu, survei ini juga dapat berguna untuk menyusun data profil usaha. Untuk internal BPS, unit kerja Neraca dan Analisis Statistik serta Statistik Distribusi dan Harga dapat menggunakan hasil data survei ini. Sementara untuk eksternal dapat digunakan oleh berbagai kementerian terkait seperti Kementerian Pertanian.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan (Statistics of Grobogan Regency)Jl. Jend. Sudirman No. 6 Purwodadi 58111 Telp/Fax : (0292) 421167 Mailbox : bps3315@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik